Selamat Datang Di Blog KRISANTUS M. KWEN

Senin, 03 April 2017

WEEKEND STP REINHA LARANTUKA: PASTORAL BERBASIS DATA



Weekend adalah salah satu kegiatan pastoral di Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka. Kegiatan  ini dilaksanakan pada hari sabtu dan minggu. Tujuan dari kegiatan weekend adalah melatih mahasiswa untuk mengembangkan dan menggali semangat hidup berpastoral. Asumsi pastoralnya adalah mahasiswa berasal dari umat, oleh umat dan untuk umat. Sebagai calon pekerja pastoral, sejak dini, mereka diperkenalkan dengan hal ikhwal tugas-tugas hidup menggereja, baik dalam bidang katekese, pastoral kunjungan, pastoral sekolah, liturgi, maupun pelayanan ke kelompok-kelompok kategorial lainnya.


Foto 1: Gedung gereja Paroki Santo Antonius Padua Leworahang.


Agenda weekend tersebut dicantumkan dalam kalender akademik sehingga menjadi salah satu prioritas untuk mendapat perhatian. Untuk melaksanakan kegiatan akademik ini, sebuah biro khusus pelayanan ditempatkan dalam struktur kelembagaan STP Reinha Larantuka. Biro yang menangani bidang ini disebut Biro Pelayanan Kemahasiswaan. Tugas ini dilaksanakan dalam sebuah Tim. Tugas biro adalah merancang program, membangun komunikasi dengan paroki calon weekend, dan mempersiapkan Mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan dimaksud.

Foto 2. Mahasiswa menuju tempat weekend di Paroki Leworahang.


Program ini sudah dirancang sebelum aktifitas pembelajaran di setiap semester dalam tahun akademik berlangsung. Sehingga diharapkan aktifitas akademik ini mendapat perhatian semua civitas, baik dosen, para pegawai, dan senat mahasiiswa. Kegiatan weekend ini melibatkan juga para dosen dan pegawai. Partisipasi dosen dan staf pegawai sangat diharapkan untuk mendampingi mahasiswa di tempat kegiatan.

Dalam semester Gasal tahun akademik 2016/2017, weekend pastoral telah dilaksanakan di Paroki Santo  Antonius Padua Leworahang. Di sana kegiatan weekend berlangsung selama dua minggu berturut-turut di empat stasi di wilayah paroki. Mahasiswa tiba hari sabtu dan kembali gari minggu. Pada weekend pertama Mahasiswa ditempatkan di stasi Leworahang dan stasi Kawaliwu pada tanggal 26 dan 27 November 2016. Dan minggu berikutnya tanggal 3 dan 4 Desember 2017 di stasi Lewobele dan Stasi Serinuho.

foto 3: Pertandingan Bola Volley persahabatan. OMK Putra dan Mahsiswa Putra.


 
Foto 4: aktifitas  mengumpulkan dan melaporkan data Paroki di halaman pastoran paroki bersama Pastor Paroki Leworahang, Romo Eman Temaluru, Pr.


Rm. Emanuel Temaluru Pr atau biasa di sapa Romo Eman, dalam kesempatan konsultasi rencana kegiatan, meminta kerjasama secara khusus agar dalam week end kampus STP kali ini, mahasiswa didampingi staf membantu salah satu program Paroki yakni melakukan pendataan umat secara menyeluruh di empat stasi dalam dua tahap. Tujuan kegiatan tersebut untuk membantu pastoral berbasis data di paroki Santo Antonius Leworahang. 
Foto 5: Pertandingan Persahabatan Volly Putri


Disamping itu mahasiswa melakukan kegiatan pastoral kunjungan, pertandinga olaraga persahabatan, ibadat bersama umat di KBG-KBG, kegiatan SEKAMI dan OMK di setiap stasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar