Selamat Datang Di Blog KRISANTUS M. KWEN

Selasa, 03 November 2015

SMAK YONPOL : 25 TAHUN - PERAK



MEMBANGUN KEGEMBIRAAN HIDUP DI TAMAN PENDIDIKAN YONPOL


BERSYUKUR adalah salah satu sifat dasar manusia beriman. Kristianitas sebagai sebuah jalan keselamatan manusia melayani pemeluknya untuk mengukir setiap momentum kehidupan dengan nada syukur dalam ritus meriah untuk memuliakan Tuhannya. Ungkapan ini kiranya menggambarkan perayaan 25 tahun Pesta Perak SMAK Yohanes Paulus II Waibalun, yang biasa dikenal SMAK Yonpol, pada 22 Oktober 2015. “Roh” pelindung mereka yang terkenal semasa hidupnya sebagai Paus Yohanes Paulus II, yang selalu gembira, enerjik, dan penuh visioner demi Allah dan keselamatan manusia, mau diwarnai dalam hari bersejarah ini.

foto: Kepala Sekolah SMAK Yonpol, Sr. Christella CIJ bersama staf guru dan pegawai


Perayaan Syukur 25 Tahun SMAK Yonpol dirayakan melalui Misa Syukur Meriah yang dihadiri oleh segenap keluarga Besar SMAK Yonpol baik itu para siswa, para guru dan staf kepegawaian beserta keluarga mereka dan dihadiri oleh tamu undangan, khususnya para alumni yang pernah mengenyam pendidikan di Yonpol ini. Misa syukur tersebut di hadiri oleh 7 imam konselebran dengan mengusung Tema besar, “Membangun Kegembiraan Hidup di Taman Pendidikan Yonpol”. Perhelatan akbar tersebut dirayakan di halaman SMAK Yonpol dengan liturgi yang meriah, khidmat dan agung.


SMAK Yonpol yang kini dipimpin Suster Christella CIJ, terus melanjutkan semangat para pendirinya. SMAK Yonpol, sejak awal berdirinya di bawa panji “Pendidikan Keguruan”, waktu itu dikenal dengan SPG Putri dan “Pendidikan Guru Agama Katolik” (PGAK) Yohanes Paulus II. Lembaga pendidikan ini adalah buah pelayanan para suster "Congregatio Imitatio Jesu" (CIJ), yang telah menciptakan kader guru-guru di dunia pendidikan jagat Indonesia, khususnya di kabupaten Flores Timur dan kabupaten-kabupaten di NTT.


Liturgi syukur meriah ini dirayakan oleh segenap lembaga Yonpol sebagai hari penuh sukacita. Mereka memaknai tema besar di atas, dalam nada gembira. Terungkap jelas dalam pengantar liturgi perak, “Membangun Kegembiraan Hidup di Taman Pendidikan Yonpol adalah Kristalisasi isi, jiwa, dan spiritualitas perjuangan bersama di hari kemarin hingga kini..SMAK Yohanes Paulus...tetap menjadi sebuah taman pendidikan kerahiman, yang memungkinkan terbentuknya manusia Kristus Kecil yang mulia dan bahagia. Yaitu mereka yang terlebih dahulu tahu dan tinggal di dalam Rahim-Hati Allah; mereka mampu mengerti dengan hati dan sendiri merasakan sentuhan hati pendidikan kasih kerahiman Allah. Yaitu mereka diutus sebagai "Rasul" dan "Misionaris Kecil" yang handal, yang berilmu dan beriman, seperti layaknya Santo Yohanes Paulus II”.

SMAK Yonpol adalah salah satu unit pelayanan Pendidikan Para suster CIJ, bersama unit SMP "Ratu Damai" bernaung di bawah Yayasan Bina Wirawan. Bersama dua unit ini, CIJ juga mengelola Yayasan Perguruan Tinggi "Hendricus Leven" yang menyelenggarakan tiga perguruan Tinggi, yakni, Sekolah Tinggi Pastoral "Reinha Larantuka", Institut Keguruan Dan teknologi (IKTL), dan Universitas Terbuka (UT).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar