Selamat Datang Di Blog KRISANTUS M. KWEN

Sabtu, 11 Februari 2017

RAT KOPDIT BINAWIRAWAN

NIK: HADIAH DI RAT TAHUN BUKU 2016 KOPDIT BINAWIRAWAN
Albert Seke, Pejabat Koperasi Kabupaten Flores Timur: NIK adalah Prestasi Sebuah Koperasi
.

LARANTUKA. Jam sudah menunjukkan pkl 10.30 wit. Pengurus dan pengawas Koperasi Kredit (Kopdit) Binawirawan sudah menempati posisinya di depan ruang pertemuan, yang didampingi pengurus DEKOPIN Kabupaten Flores Timur dan Pejabat Dinas Koperasi Kab.Flores Timur. Sementara itu para anggota koperasi juga sudah mulai menempati kursi-kursi di Aula SMP Ratu Damai (SMP Radam) di Waibalun-Larantuka, Sabtu, 11 Februari 2017.


Gbr 1: Suster Christela CIJ, Pembina Kopdit Binawirawan membuka RAT Tahun buku 2016 secara resmi.


Seremonial protokoler sebagaimana biasanya dalam kegiatan perkoperasian membuat acara di pagi menjelang siang tersebut itu rada formal dalam acara pembukaan - yang diakhiri dengan lagu Mars Koperasi. Karena pagi itu telah berlangsung kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2016 Kopdit Binawirawan. Kegiatan ini dipimpin oleh Ketua Kopdit Bapak Frans Keri Tukan, Sang Nakoda kopdit mencintai dengan tulus wadah ini untuk kepentingan pelayaran pendidikan di lembaga milik para suster CIJ. 


Kopdit Binawirawan adalah unit koperasi di bawah naungan Yayasan Binawirawan milik konggregasi CIJ wilayah Flores Timur. Yayasan ini menaungi SMP Radam dan SMA Yohanes Paulus II yang dikenal dengan SMA JONPOL. Masih bersama Tarekat Biarawati ini, terdapat tiga unit persekolah jenjang perguruan tinggi yakni Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka, Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka (IKTL), dan Universitas Terbuka (UT) Pokja Waibalun.


Ketiga perguruan tinggi tersebut bernaung di bawah Yayasan Perguruan Tinggi Hendricus Leven. Antara sekolah-sekolah di bawah Yayasan Binawirawan dan Yayasan Hendricus Leven menjadi fokus pelayanan pendidikan para suster CIJ. Dua puluh tujuh tahun lalu para guru dan para suster pendamping, telah membentuk sebuah wadah simpan pinjam dengan Nama Koperasi Kredit Binawirawan.
Gbr 2: Sambutan/Pengarahan Albert Seke, Pejabar Dinas Koperasi Kabupaten Flores Timur.


Setelah dalam perjalanan usia Koperasi kredit ini yang panjang tersebut, kini - hari ini, nuansa istimewa telah berlangsung. Karena dihadapan pengurus, pengawas, suster Pembina Koperasi dan seluruh anggota koperasi, terjadi penyerahan sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK) oleh Pejabat Dinas Koperasi, Bapak Albertus Seke, yang disaksikan oleh Bapak Siprianus Benaku selaku pengurus DEKOPINDO Kabupaten Flores Timur.
 

Gbr 3: Penyerahan NIK dari Pejabat Dinas Koperasi kepada suster Pembina Kopdit Binawirawan.

Pejabat Dinas Koperasi menyampaikan bahwa Kopdit yang mendapat NIK dari Kementerian Koperasi adalah sebuah prestasi.  “…Kopdit ini sudah memenuhi semua standar sebagai lembaga koperasi yang terbaik. Dengan ini juga kopdit dapat mengakses segala sarana, fasilitas baik di tingkat kita (kabupaten) maupun dapat mengakses pula ke tingkat pusat untuk pengembangan koperasi”, demikian Albert Seke, sambil menyatakan bahwa NIK ini langsung ditandatangani oleh bapak menteri Koperasi.


Mendengar ini, spontas seluruh peserta RAT bertepuk tangan atas info penting ini. Dengan NIK demikain Albert, Kopdit Binawirawan sudah dapat mengakses program-program dari kementerian sambil menangkap peluang-peluang untuk mengajukan pinjama modal jika dianggap itu perlu, sejauh itu untuk mengembangkan penyertaan modal kopdit. 


Kopdit Binawirawan merupakan media yang strategis sebagai salah satu penyokong dinamika ekonomi civitas komunitas pendidikan jenjang sekolah menengah dan tinggi di bawah naungan kongregasi CIJ. Jayalah  selalu. Amin. (KMK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar